ANALISIS/ISI/SINOPSIS/MELODI DARI LAGU CENTURIES – FALL OUT BOY Skip to main content

ANALISIS/ISI/SINOPSIS/MELODI DARI LAGU CENTURIES – FALL OUT BOY

ANALISIS/ISI/SINOPSIS/MELODI DARI LAGU CENTURIES – FALL OUT BOY

ANALISIS/ISI/SINOPSIS/MELODI DARI LAGU CENTURIES – FALL OUT BOY


Tentang penyanyi: Fall Out Boy (biasa disingkat FOB) adalah band rock alternatif yang dibentuk pada tahun 2001 di Chicago, Amerika Serikat. Band ini beranggotakan Patrick Stump (vokalis/gitaris), Pete Wentz (bassis), Joe Trohman (gitaris), dan Andy Hurley (drummer). Fall Out Boy telah memenangkan sejumlah penghargaan untuk album major label pertama mereka, From Under the Cork Tree, yang dirilis pada tahun 2005. Kesuksesan ini dilanjutkan juga oleh album-album mereka yang berikutnya yaitu Infinity On High (2007) dan Folie A Deux (2008). Grup ini memasuki masa hiatus sejak tahun 2009 setelah mengeluarkan album kompilasi hits terbaik.  Namun pada tanggal 4 Februari 2013 mereka merilis lagu berjudul "My Songs Know What You Did In The Dark (Light 'Em Up)" sebagai promosi awal dari perilisan album terbaru mereka yang berjudul "Save Rock and Roll". Album kelima mereka ini dirilis secara global pada tanggal 16 April 2013 dan memperoleh sambutan positif. Sumber biografi wikipedia.co.id
Sinopsis dari lyrick : Walaupun saya agak sulit memahami makna dari lyrick yang terkandung, dikarenakan menggunakan bahasa inggris yang berat dan puitis. Namun saya bisa menyimpulkannya Yaitu lagu ini menceritakan perjuangan dari seorang remaja yang menjadi korban bullying yang ingin membuktikan kepada semua orang, bahwa dia adalah remaja yang hebat, yang bisa di kenang di dunia bahkan selama berabad-abad.

         



MELODI PADA MUSIK:

Detik 0-30 instrument dan vocal lagu centuries ini cenderung tidak terlalu keras. Dan alat musik yang paling terdengar pada detik ini adalah Piano dan Guitar.
Detik 30-40 Dari instrumental yang saya dengarkan pada detik ini musik cenderung terdengar cukup keras dibandingkan detik sebelumnya, dan lebih cenderung alat musik drum dan guitar yang dominan, sedangkan vocal lebih lembut dan tak terlalu keras.

Selanjutnya pada Detik ke 40-52 musik memelan kembali dan pada detik ini alat musik yang dominan adalah keyboard dan drum. Dan vocal juga sangat mendominasi.

Text Box: Sumber gambar : www.dragoart.com
Kemudaian pada detik selanjutnya yaitu pada detik 52-1.56 menit Suara yang paling terdengar adalah Vocal dan cenderung keras., sedangkan instrumen alat musik pada detik 52-1.04 menit adalah piano dan drum, selanjutnya pada menit ke 1.04-1.31 yang paling terdengar adalah alat musik drum dan guitar. Menit  ke 1.32-1.56 alat musik yang paling dominan adalah piano dan guitar.

Pada Menit ke 1.56-2.06, vocal yang tadinya keras memelan kembali dan dan musik yang paling terdengar adalah keyboard.

Pada menit selanjutnya yaitu menit ke 2.04-2.31 Musik terdengar keras kembali, yaitu pengulangan dari menit ke 1.04-1.31 yaitu instrument yang paling dominan terdengar adalah alat musik drum dan guitar.

Selanjutnya terjadi pengulangan instrument yang sama pada Menit 2.32-2.56 seperti pada menit 1.32-1.56 alat musik yang paling dominan adalah piano dan guitar.

Pada Menit ke 2.56-3.06 instrument mengeras namun vocal memelan, instrumen yang paling dominan adalah keyboard dan drum.

Dari menit ke 2.56-3.16 instrument yang terdengar hanya drum, dan tak ada vokal yang saya dengar.

Terjadi pengulangan pada bridge dari lagu ini yaitu pada menit 3.16-3.49 yang persis pada menit 1.04-1.31 dan 2.04-2.31 musik dan vocal mengeras kembali dan instrument yang paling dominan terdengar adalah alat musik drum dan guitar.

Dan pada menit 3.49-3.51 tak terdengar instrument maupun voacl.


Learning and writing by: Rofiki fathurohman

Comments