Ini Tips Buat Kamu yang Lagi Persiapan UN dan SBMPTN Skip to main content

Ini Tips Buat Kamu yang Lagi Persiapan UN dan SBMPTN



Posting masa unyu sma boleh kali yaak..

On green chalkboards

Picture Source

Sekalian ngasih wejangan buat adik-adik sma kelas 3 biar dikira orang soksoan intelek .

Gue pahami masa sma khususnya kelas 3 itu emang masa keluarnya atau finalnya ambisi lu semua so gue pahami itu, untuk ambitions yang lu punya itu udah satu step lebih baik, karena lu punya ambisi yang pengen dicapai.
But yang gue Tanya kapasitas lu udah cukup belom ama ambisi lu?

Gue pahami banyak dari kalian yang "nyantai" karena materi yang kalian punya cukup udah bisa beli "asuransi nilai UN"

Atau kalian sampe merengek minta ke ortu buat beli itu? ah so pathetic

Atau mungkin masih ada Orang yang jujur Tapi gaada usaha lebih I mean blajar yak.

Atau kalian udah pikir prestasi kalian udah banyak Dan merasa "apalagi yang harus gue lakuin".

Gue pahami banyak dari kalian les diluar karena niatnya pengen instan dapet nilai gede.

karena gue banyak waktu saat ini, so gue bakal bahas semua tadi. gue di sma atau mungkin masa kuliah saat ini beruntungnya circle pertemanan gue pada umumnya ada pada kumpulan Orang yang memiliki semangat meningkatkan intelektual, di sma gue, ada Di circle dimana peringkat pararel sma 10 besar itu hampir semuanya teman baik gue, so gue tau background mereka semua. dan ini paling penting.

gue disclaimer bahwa gue ga berniat menyombongkan diri gue atau temen-temen gue, I mean ketika kalian bisa mendapatkan something yang bisa boost motivasi kalian itu yg gue harap, but jika ada hal lain yg dirasa ga baik ya shake it off!!.

Satu hal yang gue bakal bahas pertama yaitu tentang kejujuran? ah seberapa jujur sih gue sampe nyeramahin segala? I mean gue pikir jujur itu bukan hal yang harus lo banggakan buat Orang lain you know why? karena jujur itu big impact nya atau manfaat paling besar yang bakal lo rasakan ya pada diri lo sendiri.

Gue mungkin terinspirasi pada salah satu temen gue di sma, dia orang yang super megang prinsip hidupnya kalo dia ga jujur mungkin dia ga idup.

Gue kadang miris, kejujurannya malah dijadikan bahan bullying temen sekelas buat nguciliin dia, dan itu ironic sekali karena dunia ini udah kebalik, dimana hal yang baik itu malah di kucilkan Tapi kalo hal yang buruk malah jadi hal yang biasa.

Ketika UAS dia lebih milih ngerjain dengan jujur dan dia juga udah usaha dengan blajar giat sebelumnya. dia lulus dengan bisa melampaui kkm, Tapi yang bikin miris, nilai dia bisa dikalahin ama Orang yang malemnya cuma siap-siap dengan bikin catetan kecil. ah gue males bahas lagi seputar sistem value orienting di indo yang jadi big problem saat ini, mungkin yang suka baca blog gue pasti pernah baca komentar gue seputar sistem pendidikan di indo.

Gue dengan ke jenuhan gue dengan sistem pernilaian di indo, pernah sekali memberikan pendapat dan saran ke guru gue, dengan menyarankan agar menggunakan test lisan atau pembuatan essay dan jurnal aja pada tiap test untuk mengetahui kemampuan siswa. but Gue malah di tolak dengan alasan yang irasional, dan sistem pernilaian dengan PG tetap di pertahankan, yang dimana negara maju udah mulai meninggalkannya, sperti US  dan Germany, karena banyaknya kebobrokan pada sistem pernilaian itu yang mungkin gue udah pernah bahas di posting blog gue.

Seperti yang tadi gue disclaimer, bahwa tulisan ini sebenarnya inspirasi dari highschool mate gue atau pengalaman diri gue sendiri, gue pengen membahas tentang besarnya ambisi anak sma yang well, tanpa persiapan lebih.

Dan sorry banget jika huruf kapital banyak banget yg ngaco soalnya gue ngetik ini semua di hp.

Chapter One...

Seberapa penting sih jujur? dapet pahala doang???

Gue emang bukan juara osn atau ajang lain yg seperti itu, yang memberikan prestise bagi sekolah.

At least ketika gue liat para juara osn itu "cheating", gue bisa merasa setidaknya gue ga maruk soal nilai dan menghargai diri sendiri.

Apasih yang lo mau? nilai gede? hell no, ketika lo kuliah atau kerja semua itu jadi sampah. yang paling lo butuhin adalah ilmu bukan nilai.

Gue sama sekali ga setuju dengan persepsi Orang yang nyantai karena dapet nilai jeblok dan melakukan pembelaan bahwa banyak Orang sukses yang punya nilai kecil dan bahkan DO, mereka itu yang gue sebut kaya dengan ilmu, jika lo miskin nilai dan ilmu lo seharusnya cepat berubah.

Kebanyakan Orang sukses kayak Zuckerberg dan jobs, mereka itu kaya ilmu dan materi, mereka ada pada keluarga yang kaya raya dan situasi sosial yang mendukung.

So jika lo pake pembelaan ini Karena nilai lo jelek karena lo ga paham materi itu salah kaprah.

sebenernya sedikit klise jika gue ngasih benefit-benfit dari sifat jujur, gue pikir semua orang tahu itu. tapi mungkin saat ini gue akan share pengalaman gue soal seberapa berperannya sifat jujur di kehidupan gue.

semua orang mungkin akan berfikiran bahwa diri gue munafik dengan sok-soan anti jujur tapi prinsip gue adalah ketika diri kita atau usaha kita emang gak bisa mencapai impian yang kita mau itu berarti kita belum siap untuk mendapatkan itu, ketika kita memaksakan dengan  cara apapun yang ga sesuai dengan aturan ya jatohnya kita ga bakalan siap dan ga bisa bertanggung jawab dengan hal itu.

mungkin kali ini gue bakal share pengalaman sma gue khususnya pelajaran geografi, pengalaman yang menjadi momok menakutkan para angkatan gue, dari tiga tahun belajar geografi ini, mungkin dari kelas satu sampai tiga siswa-siswa yang lolos kkm bisa diitung pakek jari.

To be continue

.

.



Mohon ingatkan gue kalo emang post ini udah lama ga Di update hanya komen aja kok!

Comments