Is Honest is real word? Skip to main content

Is Honest is real word?

Is Honest is real world?


            Dimalam itu gue merasa hidup gue sia-sia, gue inget saat itu gue pulang les jam 9 malem dengan mata merah, dan seperti biasanya gue langsung curahkan isi kepala gue kesatu-satunya orang;
            “Mah agat ngerasa capek, tiap hari pulang jam 9 malem, ngabisin tenaga sampe kurus kering buat begini, rela-relain tiap malem dingin-dingin keujanan nempuh rangkas kopi, ngabisin uang mamah buat bayar les dan makan, sampe jadwal seminggu cuma padet buat belajar gaada waktu buat istirahat bahkan ngerawat mamah, dan pas ngelihat temen yang cuma bayar duit 200 rebu bisa tenang leha-leha gausah belajar buat UN”. Isak tangis gue gak bisa dibendung dipelukan ibu gue waktu itu.
“Orang-orang bilang ke agat, agat mah udah pinter pasti gabutuh kunci jawaban, padahal gaada namanya orang pinter adanya orang yang emang punya semangat buat bisa”.
Tak lama sambil tersenyum pada gue
“Seharusnya kamu gausah kecewa begini, kalo kamu tetep seperti itu nyatanya kamu sama kayak mereka yang cuma peduli sama nilai yang gaada esensinya, kamu harusnya bangga berapapun nilai yang kamu dapet, kamu dapet ilmu yang mereka gadapet, kamu dapet menghargai usaha ibumu ini buat membiayai kamu nak”.
Setelah mendengar perkataan itu gue akhirnya tersadarkan bahwa jujur itu bukan yang harus dilakukan namun kewajiban sebagai manusia, ketika kita jujur gue bisa mengetahui dimana titik kemampuan gue dan dimana yang harus gue improve, dimana kejujuran ini bukan sesuatu yang dapat menghalangi kita namun sebagai media filtering bagaimana kedepanya kita bisa lebih baik. Gue bersyukur ketika banyak orang tua yang rela melakukan hal-hal kotor buat mendukung anaknya, kadang gue bingung apakah hal tersebut upaya untuk mendukung atau menjerumuskan. Berlainan dari kebanyakan orang tua, differently kedua orang tua gue mencoba menjadikan gue sebagai manusia yang tidak kabur dengan tujuan hidup.

Dengan begitu gue bisa membuat opini bahwa sebenernya gaperlu ada namanya perkataan jujur dikamus bahasa apapun, sebenarnya jujur adalah bagian dalam darah di kehidupan kita gimana secara normatif kita harus melakukan itu disegala bidang.

Comments