Beberapa Alasan kenapa IPS itu lebih keren dari jurusan lain Skip to main content

Beberapa Alasan kenapa IPS itu lebih keren dari jurusan lain

Beberapa Alasan kenapa IPS itu lebih keren dari jurusan lain.
owesome social

Halo kali ini admin bakal bahas tema yang lagi hot banget, yups karena sekarang sebagian siswa/i kelas 11 SMA lagi dipusingkan dengan memilih jurusan, yaitu Jurusan IPA yang “Katanya” Anak pinter-pinter, Bahasa yang “Katanya” ngehindarin dari itung-itungan, dan jurusan IPS yang “Katanya” Badung. Disini admin bakal ngebahas atau menuntas habis seputar mitos-mitos anak ips, Fyi admin juga anak jurusan IPS loh. Kalo ditanya apa motivasi admin masuk ips? Cause i love Social Science since in my mother stomatch LOL. Yes emang dari sd admin udah fix milih ips, walaupun sempet kepincut pengen jadi astrounot dulu, hahaha. Pertama masuk SMA dan kebetulan admin katanya masuk kelas unggulan, dan pas awal-awal waktu ditanya sama guru BK, siapa yang milih program jurusan ips, guess what? Admin satu-satunya yang ngacung, wah jadi sedikit down yaudahlah admin ikutin passion dan gak ngikutin orang lain dan you know what? Pas akhir pelajaran ada 20 orang milih jurusan ips atau 50% dari 40 siswa.
            “Ketika kamu lebih memilih mencari jalanmu sendiri daripada membuntuti  segerombolan orang yang tak pasti, Tak lama segerombolan itu akan mengikutimu karena kamulah yang pasti. Become A inspiration not a Follower”....

Beberapa Alasan kenapa IPS itu lebih keren dari jurusan lain
Alasan Jurusan IPS lebih Baik dari Jurusan lain

Okeh back to the topic, bukan maksud memprovokasi atau menjelekan satu pihak, disini admin malah bakal ngeclear beberapa mitos-mitos yang gak bener keberadaanya. So chek this out.
Kenapa sih Ips lebih baik daripada jurusan lain?

1.     TANPA IPS GAK BAKAL ADA YANG NAMANYA NEGARA INDONESIA.

What? Are you serious min?... Sebelum melangkah lebih jauh yuk kita simak apa sih pengertian negara yang admin kutip dari wikipedia.id

“Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaanya baik politik, ekonomi, militer, sosial maupun budaya”.

Okeh dalam pengertian diatas kita bisa dapet tagline yaitu “Politik, ekonomi, militer, sosial maupun budaya” So what the hell min? Semua yang disebutin diatas itu dipelajari sama anak ips semua, yuk kita bahas lebih rinci.

Politik, politik berasal dari dua kata yaitu poli yang berarti kota dan teta yang berarti peraturan, so dalam dua kata diatas kita bisa menyimpulkan politik adalah peraturan , kaidah yang mengatur sebuah wilayah yang pastinya punya maksud positif. Politik sangat banyak dibahas dan terintergrasi dalam semua mata pelajaran di ips, contohnya pelajaran PKN merinci tentang budaya politik dan dipelajaran sejarah menjelaskan tentang sejarah sitem politik di indonesia kemudian dipelajaran sosiologi yang membahas tentang kelompok masyarakat dan sistem masyarakat yang berkaitan dengan ilmu politik. Itu dari segi pendidikan apalagi dari pekerjaan perpoltikan yang membutuhkan anak ips, para wakil rakyat, MPR, sampai Presiden butuh banget ilmu ips. Bisa dibayangkan negara tanpa ips?.. IPS lebih Baik?

Sekarang Giliran ekonomi, sebuah rumah sakit yang katanya kawasan anak Jurusan IPA pun membutuhkan anak ips. Tanpa manjemen yang handal mana mungkin rumahsakit bisa berjalan. Sudah sejak dari zaman belanda membuktikan ekonomi yang kuat bakal membuat negara kuat juga, runtuhnya belanda di indonesia diakibatkan bobroknya perekonomian Pemerintahan Hindia Belanda, Bangkrutnya Portugal,yunani,argentina dan negara-negara eropa lain ambruk akibat ekonomi yang collaps, tumbuhnya china menjadi THE NEW SUPER POWER akibat pertumbuhan ekonomi yang melesat juga. Itu semua akibat ekonomi, bisa dibayangkan jika geng ips yaitu anak-anak manajemen, akuntan,dll pundung dan memboikot. Indonesia bisa jadi the next greece, emang enak diberlakukan jam malam? Gaji dipotong? Tarik Tunai dibatasin? Makanan Langka? Timbul kerusuhan?... jangan macam-macam sama kita yah *wkwkw senyum jahat.

Sosial dan budaya sosial kalo dipelestin jadi so sial? *wkwkwk. Apa sih sosial itu? Apa sih budaya itu? Anak sosiologi pasti diluar kepala kalo urusan ini.
            Pengertian Sosial

            “Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah komunitas” ~Keith jacobs

Kenapa disuatu negara mesti ada sosial? Kenapa min, kenapa?.. okeh slow down, merajuk pada perkataan Bang keith diatas apa sih yang dibangun itu? Rumah atau jamban?. Yang dibangun itu adalah suatu kebudayaan .

kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat” Dikutip dari Bang Selo & Soemardi


FYI, unsur dari kebudayaan itu ada 7 yaitu:
1.     Mata Pencaharian
2.     Agama/kepercayaan
3.     Alat-alat perlengkapan hidup
4.     Sistem Kemasyarakatan
5.     Sitem Pengetahuan
6.     Bahasa
7.     Kesenian.
Dan cara Pengimplementasianya  atau ngebangun nya dengan tiga cara yaitu :
1.     Ide / Gagasan
2.     Aktivitas atau proses
3.     Artefak atau hasil
So dengan 7 unsur kebudayaan itu suatu negara bakal terbentuk melalui proses sosial, yang namanya Ilmu pengetahuan Sosial pasti semua pelajaran anak Jurusan IPS bersangkut paut sama sosial, so pasti kami udah melek banget bin mlotot banget. Dunia tanpa sosial dan kebudayaan? Kita masih terjebak di arkaekum keles. Tanpa anak sosial kamu gak bisa kawin,dapet akte, dapet pekerjaan. Make it balance.....

Militer
Militer sepertinya universal tapi ketika melihat rekam jejak kayaknya banyakan anak ips deh.

2.     Setidaknya kami lebih paham mengenai Materi yang dipelajari untuk Apa nanti.


Belajar Sistem kependudukan buat apa? Buat nyensus dong nanti kan kerja di capil, Belajar Nilai minimum buat apa? Buat estimasi biaya lah calon financial analyst, Belajar buku besar buat apa? Kan nanti mau jadi akuntan, dan kamu ngitung gravitasi buat apa? Ehhhh.
No offense ya , setidaknya anak-anak ips lebih tau nanti saya belajar ini buat apa ya, tapi sama kok juga jurusan lain juga tapi kadang-kadang, gue belajar stoikiometri larutan nanti buat diimplementasiin kemana ya?...... Apakah Jurusan IPS lebih baik dari jurusan lain? ....

To be continue

“You don’t lead by pointing and telling people some place to go you lead by going to that place and making a case”-Ken Kesey